Powered By Blogger

Sabtu, 10 November 2012

UNSUR UNSUR DALAM MULTIMEDIA


Multi media adalah media yang berisi gabungan dari berbagai macam bentuk media.
Multi media biasanya direkam , dimainkan, ditampilkan atau di akses dari alat alat pemroses informasi, seperti komputer dan alat elektronik lainya. Tetapi bisa juga dalam kegiatan sehari hari.multimedia (sebagai ajektif) juga di artikan sebagai alat elektronik media yang menyimpan dan menggunakan isi dari multimedia tersebut.
 Unsur unsur multimedia
Aplikasi multimedia bisa saja berisi bnyak type dari media. Karakterisktik yang utama dari sebuah system multimedia adalah kegunaanya yang lebih dari 1 macam media untuk mengirim isi dan kegunaan. Web dan desktop computing program dua-duanya memerlukan komponen multimedia. Sebagaimana perbedaan unsur unsur media, sebuah aplikasi multimedia normalnya membutuhkan kode pemrograman dan tenaga ahli. Unsur unsur media secara umum di bagi menjadi 5 kategori utama dan menggunakan bermacam-macam teknik untuk digital formating.
 Unsur TEXT
 Ini mungkin tipe konten yang gampang untuk dilupakan ketika mengingat system multimedia, tetapi isi dari textnya itu jauh dari kebanyakan tipe media umum didalam computing aplication. Kebanyakan multimedia systems menggunakan sebuah kombinasi text dan media lain untuk mengirim secaraq fungsional.Text didalam system multimedia ini bisa menunjukan informasi yang spesifik, atau bisa juga bertingdak sebagai pembantu untuk isi yang terkandung dalam infromasi didalam unsur media lainya. Unsur Multimedia ini juga mempunya format baku nya yaitu file yang berextensi .doc .txt .lix dan .org masing masing extensi tersebut dapat di jalankan di wordprocessor nya masing masing, contohnya .doc bisa di buka di microsoft word dan file yang berextensi .lix bisa di buka di LaTeX pada OS open Source.


 Unsur Gambar
 
File gambar digital muncul di berbagai aplikasi multimedia.  Potograph digital bisa menampilkan isi dari aplikasi atau secara alternatif bisa membentuk bagian dari tampiklan pengguna. Unsur yang interaktiv , seperti tombol tombnol,, sering menggunakan gambar buatan dari designers dan pengembang yang merumitkan didalam sebuah aplikasi. File gambar digital menggunakan 1 macam format dan ekstensi file. Diantaranya yang paling terkenal adalah JPEG dan PNG. Dua duanya sering sekali muncul pada website website, sebagai format yang di perbolehkan pengembang untuk meminimalisasikan ukuran file selagi memaximalkan pada kualitas gambar. Ada beberapa format baku pada unsur gambar, yaitu .BMP atau bitmap, .JPEG , .PNG, .GIF atau gambar yang bergerak
 Unsur Audio
 
File audio dan stream memainkan peran utama didalam sebuah system multimedia. File audio muncul sebagai bagian dari isi aplikasi dan juga untuk memudahkan interaksi. Ketika file ini muncul dari aplikasi web dan situs situs, file audio kadang kadang butuh pemasangan sbuah plugin media player. Format baku dari audio adalah termasuk MP3, WMA, Wave, MIDI dan RealAudio. Ketika para pengembang memasukan audio ke dalam sebuah website, mereka secara umum akan menggunakan format yang sudah di kompres untuk meminimalisasikan waktu download. Sebuah website juga bisa men-stream audio, jadi user bisa menyetelnya sebelum smua file telah terdownload.

 Unsur animasi
 
Komponen komponen animasi biasanya diantara web dan desktop aplikasi multimedia. Animasi bisa juga termasuk kedalam effek yang interaktif, memperbolehkan user untuk menggunakan aksi animasi dengan memakai mouse dan keyboard mereka. Alat atau tools yang paling umum untuk membuat animasi pada web adalah adobe flash. Yang juga memfasilitasi aplikasi desktop. Dengan flash, pembuat atau pengembang dapat membuat FLV files, mengubah nya menjadi SWF movies untuk di bagikan ke pengguna. Flash juga menggunakan ActionScript code untuk memperoleh hasil animasi dan efek interaktif. Menurut saya di dalam unsur animasi ini tidak mempunya format bakunya karna pada dasarnya file animasi ini hanya terdiri dari beberapa file gambar yang bnyak dan di jadikan bergerak dengan cara menampilkan nya secara cepat atau fast slideshow. Contoh nya file gambar yang berekstensi .GIF adalah termasuk animasi.

 Unsur Video
 
Video digital muncul di banyak aplikasi multimedia, seperti di web. Sama seperti audio, website bisa men-stream video digital untuk meningkatkan kecepatan dan ketersediaan dari playback. Format video digital yang umum kita gunakan adalah Flash, MPEG, AVI, WMV dan QuickTime. Kebanyakan vidio digital memerlukan plugin pada browser untuk menjalankan nya di halaman web, tetapi di banyak kasus browser pengguna akan mempersiapkan keperluan yang harus di install.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar