Powered By Blogger

Rabu, 23 November 2011

FUNGSI KELUARGA YANG PALING MEMPENGARUHI KEHIDUPAN

Keluarga dikataan sebagai lingkungan pendidikan yang pertama dan paling utama, dimana anak untuk pertama kalinya mendapatkan pelajaran-pelajaran dari orang tuanya. Keluarga merupakan pihak yang paling awal memberikan banyak perlakuan kepada anak, selain itu sebagian besar waktu anak lazimnya dihabiskan di lingkungan keluarga. Besarnya peluang dan kesempatan interaksi ini akan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak. Hubungan orangtua dengan anak juga berbeda dari hubungan anak dengan pihak yang lainnya, seperti guru, teman ataupun masyarakat sekitar.
Selain kebutuhan materi, kebutuhan spiritual juga sangat diperlukan oleh anak terhadap orang tuanya. Orang tua menanamkan berbagai pelajaran dengan nasihat-nasihat yang mereka berikan kepada anak-anak mereka. Lingkungan keluarga bisa memberikan pengaruh yang sangat dominan dan sifatnya langsung terhadap pembentukan perilaku, sikap, dan kebiasaan, penanaman nilai, dan perilaku-perilaku sejenisnya.
Selain keluarga, sekolah juga tak kalah penting dalam perkembangan anak. Sejak lama, sekolah telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak. Selama kurang lebih lima sampai enam jam pada hampir setiap hari, umumnya anak-anak berada di sekolah. Keterbatasan keluarga dalam menyediakan faslitas untuk belajar dan pengetahuan orang tua akan ilmu-ilmu yang harus dipelajari anak merupakan faktor yang mempengaruhi petingnya peran sekolah bagi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar